Manfaat Jeruk Nipis Dan Lemon, Simple Dan Sehat

Teman-teman saya sering bertanya : lagi diet yah? apa perut ga perih tuh minum jeruk nipis pagi pagi? Nggak kok sis, malah maag saya sembuh setelah rutin minum jeruk nipis di pagi hari

Manfaat minum jeruk nipis di pagi hari itu ternyata banyak banget sis, yang bilang nanti kena maag, minum jeruk nipis buat diet dan lain-lain, itu cuma mitos.. coba dulu baru komenšŸ™‚
Kalau kantong lagi agak tebal, biasanya saya mengganti jeruk nipis dengan lemon hehe. Lemon impor yang ada di supermarket harganya lumayan mahal, bisa mencapai 55rb-90rb per kilogram. Bandingkan dengan jeruk nipis yang harganya hanya sekitar 7rb-13rb. Lemon lokal juga ada sih meski jarang, biasanya kulitnya terlalu tebal, dan airnya cuma dikit, jadi sayang kan…

Waktu ke Victoria Market di Melbourne, saya menahan diri untuk tidak memborong lemon segar yang harganya hanya 0,99 dollar sekilonya, jiaah di Indo harganya berkali kali lipat

Manfaat jeruk nipis dan lemon menurut saya yang sudah saya rasakan selama setahun terakhir menjalankan pola makan food combiningšŸ™‚

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh saat cuaca sedang tidak bersahabat
    perubahan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk ( biasanya karena ketularan teman). Vitamin C di dalam jeruk nipis membantu kitaĀ  dari serangan penyakit musiman ini.
  2. Menjaga kesehatan pencernaan
    Saya sering mengalami sembelit, naaah ternyata dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat. Kebiasaan minum jeruk nipis di pagi hari akan membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan bab dan menjaganya tetap stabil.
  3. Mengatasi masalah lambung saya, seperti penyakit maag yang lenyap setelah rutin mengkonsumsi jeruk nipis
  4. Mengobati batuk
    pernah diberi resep tradisional oleh ibu atau nenek ketika batuk? cukup campurkan sesendok air jeruk nipis dan kecap, minum 3x sehari. Resep lain adalah sesendok air jeruk nipis dicampur madu, dan sedikit garam, minum 3x sehari,, dijamin manjuršŸ˜€
  5. Mengencerkan dahak di tenggorokan
    bangun tidur di pagi hari, kadang tenggorokan terasa tercekat, karena ada dahak di tenggorokan, nah minum air jeruk nipis hangat akan mengatasinya.
    Ā Manfaat Jeruk Nipis Lemon

 

Ā Manfaat Jeruk nipis untuk kulit wajah.

Oh ya selain untuk diminum, manfaat jeruk nipis juga banyak buat kulit, seperti yang pernah saya tulis tentang kebiasaan saya Jeruk Nipis Ritual Mengawali hari, setelah airnya diperas, saya menggunakan kulitnya untuk kulit wajah dan tangan (maklum ogah rugi juga hehe)

 

  1. Membuat kulit tampak awet muda, serta mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah
    Usapkan perasan jeruk nipis pada wajah untuk membuat kulit tampak lebih muda seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal. Saya saat ini sudah berusia diatas 40 tahun, kalau lagi jalan bareng anak saya yang sekarang berusia 18 tahun sering dikira kakaknyašŸ˜€
  2. Mengurangi jumlah jerawat dan memudarkan bekas jerawat
    anak saya yang masih remaja, kulitnya cenderung berminyak dan mudah berjerawat, mengikuti kebiasaan saya mengusap jeruk nipis ke kulit wajah setiap pagi ternyata mengurangi tumbuhnya jerawat, bekas jerawat lama pun pelan pelan memudar
  3. Mengurangi komedo.
    saya rutin melakukan facial untuk menghilangkan komedo, sayangnya proses menghilangkan komedo ini sedikit menyiksa.. hiks.. setelah rutin menggunakan jeruk nips, komedo ternyata tidak terlalu banyak, dan proses mengeluarkannya juga mudah, jadinya ga sampe nangis nangis lagi saat dipencet komedonya saat facial hehe

 

Segini dulu yah sis, sharing manfaat jeruk nipis, baik buat kesehatan kita, maupun kecantikan kulit, semoga bergunašŸ™‚

Jangan lupa, awali pagi harimu dengan segelas air hangat yang diberi perasan jeruk nipis atau lemon

Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s