Mengubah Energi Negatif Menjadi Positif

Kemarin saya sempat merasa kesal dengan salah seorang yang “teman” yang ngomongnya enggak enak. Tetapi di tengah kekesalan itu saya mengingat ucapan saya sendiri ketika berdiskusi dengan team saya,  tentang mengubah energi negatif yang ada diri kita menjadi energi positif yang menggerakkan kita lebih cepat ke arah yang lebih baik.

Mengatur Waktu

gambar diambil dari bublenews.com

Omongan tidak enak dan meremehkan dari “teman” ini sebenarnya tidak bisa saya tolerir sebenarnya, karena benar-benar meremehkan fungsi waktu bagi seseorang. Bagi saya, mengatur waktu adalah hal yang penting, karena saya mau waktu saya benar-benar efektif untuk melakukan sesuatu. Apabila saya mengatur janji untuk bertemu orang lain, saya akan memastikan bahwa saya pada saat itu benar-benar tidak ada kegiatan lain, dan 100% fokus ke pertemuan tersebut.

Saya jadi ingat sekitar tahun 1992 saya bekerja di rumah seorang warga Amerika Serikat, sebut saja namanya Miss Eva. Disini saya belajar pentingnya mengatur waktu, karena Miss Eva sangat disiplin soal waktu. Jam kerja yang dimulai jam 08,00, harus dimulai dengan tepat, saya tidak boleh datang terlambat, meskipun masih pukul 08.01, saya juga tidak boleh datang lebih awal, meskipun jam menunjukkan pukul 07.59.

Saya pernah melihat Miss Eva pun menerapkan disiplin yang sama buat dirinya sendiri. Saya pernah melihatnya membuat jadwal, dia membuat jadwal secara detail, misalnya : membersihkan rumah 30 menit, memasak 45 menit, berbelanja 25 menit, dilengkapi dengan daftar belanja yang sangat detail. Apabila membuat janji pun, ia benar-benar tepat waktu dan sangat menghargai waktu orang lain dengan tidak datang terlambat. Dan apabila ada perubahan, secepatnya akan menghubungi dan melakukan konfirmasi ulang. Baginya, waktu orang lain juga penting dan sangat berharga.

Awalnya saya cukup kaget dengan jadwal dan kebiasaan tepat waktu Miss Eva ini, tapi lama-lama saya pun terbiasa dan bisa mengikuti, karena dengan menghargai waktu, kita menghargai orang lain.

Saat ini ketika saya menjalankan bisnis saya sendiri, dari rumah, pengaturan waktu itu menjadi sangat penting. Membagi waktu antara keluarga, bisnis, dan diri sendiri secara seimbang menjadi perhatian saya.

Banyak orang mengira, saya bisa sedikit bersantai, karena semua saya kerjakan dari rumah. Iya sih, kalo mau bisnisnya segitu-gitu aja, boleh santai-santai, kerja kapan saja saya mau, tapi kan saya maunya bisnis saya terus berkembang, eh berkembang dengan cepat. Bagi saya waktu sangat berharga, karena saya HARUS menghasilkan sesuatu dari waktu saya.

Teman-teman yang mengenal saya, dan juga team saya sangat menghargai hal ini. Sehingga ketika melakukan order, pengiriman barang, pembayaran, membahas promo, semuanya sesuai jadwal yang disepakati, karena kami menyadari, selain hal ini, kami juga punya kepentingan lain.

Ah kok jadi kemana-mana….

Menoleh sedikit ke satu tahun yang lalu, dimana saya pernah berada dalam titik nol dalam kehidupan saya, bahkan berada di titik minus, mengolah energi negatif yang muncul menjadi energi positif adalah hal yang saya “perjuangkan” setiap hari. Jadi rasa kesal saya ke salah satu “teman” tadi menjadi energi positif yang baru bagi saya, yang membuat saya ingin lebih baik lagi, lebih baik lagi, dan lebih baik lagi.

Saya mengolah energi negatif dari kekesalan saya menjadi energi positif dalam membuat planning untuk pengembangan team saya, memperbaiki kekurangan dalam pelayanan customer, daaaaan hasilnya  bulan ini omzet toko online saya dan omzet grup mencapai angka tertinggi, dan saya dengan mulus melangkah ke jenjang karir berikutnya😀

Saya tidak perlu peduli omongan orang lain, yang penting prestasi yang saya capai. Tidak perlu juga menunjukkan prestasi kita kepada orang lain, karena kalau kita berprestasi dan menghasilkan hal-hal positif, orang lain akan “memandang” kita tanpa diminta. Seperti kata Yoris Sebastian di Creative Junkies : Let other people chase you by doing something phenomenal”  Perhatian tidak perlu diminta apabila kita layak diperhatikan, dan cara yang paling mudah adalah melalui karya kita.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

