Gadis Cilik Pembawa Bunga : Sebuah Ironi

Awal bulan Juni ini,  aku bersama teman-teman Komunitas Satu Hati, mengikuti acara gathering di Bali.

Seperti biasa, hari ketiga diisi dengan Rafting, dan kali ini lokasinya di Telagawaja, Karangasem, Bali.

Dibandingkan dengan Songa, Probolinggo, lokasi ini masih kalah jauuh…. baik keindahan alam, tantangan sungainya, pemandu nya… termasuk layanan yang lain….

Salah satu yang mengecewakan adalah, tidak adanya snack dan minuman hangat saat break. (inget waktu rafting di Kali Elo, Jateng, dikasih es degan, langsung dari buah kelapanya + jajan pasar dalam tampah)

Dan yang paling mengecewakan, saat makan siang, enggak disediakan minuman, jadi musti beli sendiri, mending kalo harga normal…mahaaaaallll… sepoci teh, dengan 2 kantong sariwangi = 20.000 ?

Yang menyebalkan… keramahan yang ditunjukkan berbeda antara kita (lokal euy) dengan para bule… apa karena mereka bayarnya dollar, kita rupiah ya… ckckckckc….

Anyway… ada yang menarik dari lokasi ini….

di sepanjang aliran sungai ada orang-orang membawa termos berjualan minuman dingin… menurut saya sih rada ga masuk akal… emang di tengah2 rafting, ada yang mo brenti beli minum gitu? Sebotol Aqua Rp. 20.000 ?

Lah dari pada nongkrong di pinggir sungai ga jelas, kenapa ga jualan aja di luar lokasi.. *aneh*

Ironi lain adalah banyaknya anak-anak kecil yang membawa bunga kamboja untuk diselipkan di rambut… eh… kirain eksotis… ternyata mereka minta uang…

Ada satu gadis kecil cantik yang memintanya secara sopan… eh jadi ga tega…  kukasih 10rb… eh kok aku di keroyok yang lain, bahkan ada yang minta secara kasar… “saya kok gak dibagi… saya kok gak dibagi…” yo wes dadi tak sentak…

sebenernya kasian banget…. di pulau yang kaya dengan pariwisata… dengan turis yang membawa dollar berlimpah… wisatawan yang tak kunjung henti…. banyak anak-anak meminta-minta… bahkan sampai di parkiran…

Sedih… Bingung…

Ada yang bilang ini sudah budaya… susah untuk diubah…

Akhirnya keeksotisan bunga yang terselip di rambut saya lenyap… tak lagi indah…entah kemana…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s