Yudi Prima dan Merry Nira :Keseimbangan Kehidupan Bisnis dan Keluarga

Tetap berbisnis namun tetap mempunyai banyak waktu untuk keluarga adalah mimpi yang diusung oleh pasangan Yudi dan Merry yang tinggal di kawasan Sawojajar, Kota Malang.

“Lima tahun pertama perkembangan anak saya adalah saat yang paling penting,”ujar Yudi. Ia tidak ingin kehilangan momen yang banyak orang tua lewatkan, seperti kata pertama yang diucapkan si kecil, langkah pertamanya, dan tawanya yang menggemaskan. Meskipun dibantu oleh ibunya dalam mengurus si kecil, Merry mengiyakan ucapan suaminya. “Melihat mamanya hadir di rumah membuat anak-anak saya merasa tenang dan memperoleh perhatian yang dibutuhkan.”

DIMULAI DARI TAHU SUTRA
Memulai usaha dengan berjualan tahu sutra pada akhir tahun 2005, dengan menawarkan secara langsung ke konsumen membuat Merry bepikir ulang. “Waktu dan tenaga saya banyak terbuang, dan keuntungannya kurang maksimal.” Maka ia pun mengubah strategi dengan bekerja sama bersama pedagang di Pasar Madyopuro. Ia menitipkan dagangannya untuk dijual dan menerima hasilnya tanpa harus meninggalkan rumah, omzetnya mencapai 9 juta perbulan. Dari tahu sutra inilah ia mengenal Sawiran. “Bu Siti, tempat saya menitipkan tahu adalah anggota Sawiran.” Setiap hari ia melihat banyak pedagang Pasar Madyopuro menabung dengan didatangi oleh staff Sawiran. Karena penasaran, ia pun mencari informasi lebih jauh.

Maka Yudi dan Merry pun mendatangi tempat pelayanan di Sawojajar. “Saya bertanya, Sawiran itu apa? Bank? Koperasi? Asuransi? Dan saya mendapat jawaban : Sawiran itu Credit Union.” Mendapatkan penjelasan lebih lengkap dari Kepala TP Sawojajar Pipit Yuni Fitria, tentang apa itu credit union serta misinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyakat dalam banyak hal membuat pasangan ini tertarik untuk bergabung menjadi anggota. Tidak ketinggalan, mereka pun mencari informasi di internet untuk mengenal lebih dalam tentang credit union. “Ternyata informasi yang kami peroleh benar-benar membuat saya kagum terhadap semangat credit union dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia,” cerita Yudi.

MULAI BERBISNIS ONLINE
Berbicara tentang internet dan keinginan punya banyak waktu untuk keluarga membuat pasangan ini menggali ide untuk berbisnis online. Tidak membutuhkan modal besar, tidak memakan banyak waktu, dan memberikan keuntungan yang lumayan menjadi pertimbangan. “Kami mencoba untuk kulakan offline dan menjual secara online,” ujar Yudi , “namun kadang terkendala modal dan tempat karena harus menyediakan stok. Belum lagi pemeliharaan barang yang tersimpan.” Untuk perputaran modal jangka pendek inilah mereka menggunakan fasilitas pinjaman yang ada di Sawiran. “Bunganya murah, prosesnya cepat dan mudah, serta biaya administrasinya sangat terjangkau, ”cerita Merry. “Dan saya merasakan kedekatan dan kekeluargaan dengan Sawiran karena keramahan dan keterbukaan yang diberikan.”

Sampai dengan saat ini pasangan yang memasarkan produknya melalui situs facebook sejak tiga bulan yang lalu ini sudah mencapai omzet sekitar 6 juta per bulannya. Produk yang dipasarkannya saat ini masih 3 jenis produk. “Yang paling laris adalah XDry, yang digunakan untuk menyerap kelembaban,” cerita Merry, “ dalam dua minggu kami mampu menjual 14 dos yang isinya masing-masing 1 lusin.”

Produk yang sedang digemari adalah minyak angin aromatherapy, sehingga bau minyak angin yang kadang mengganggu sudah tidak ada lagi. Ketika metro berkunjung ke rumah yang berfungsi sebagai “markas” bisnis online ini, mereka sedang mempersiapkan barang untuk dikirim. “Order minyak angin aromateraphy ini mencapai 160 botol.”
Produk terbaru yang sedang dijajal pasangan ini adalah Produk Perawatan Wajah Herbal Algae. Merry bahkan mencoba sendiri produk tersebut untuk benar-benar menguji kualitasnya. “Akan lebih mudah menjual produk, kalau kita sendiri sudah merasakan manfaatnya.”

Langkah kedepannya, orang tua dari Dion (11 th) dan Yafiq (1,5 th) mengembangkan ide untuk kulakan online dan berjualan secara online pula. Keuntungannya : tidak perlu menimbun stok, modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, dan pengiriman barang ke konsumen lebih cepat. “Yang terpenting adalah menjaga kepercayaan dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, serta menjaga hubungan baik dengan supplier.”

Hal ini sejalan dengan semangat pelayanan Sawiran kepada anggotanya, seperti yang disampaikan Merry,” CU Sawiran bagi kami adalah sebuah lembaga keuangan yang seperti ‘bank’ tapi begitu lunak dan akrab dengan kami. Seperti bank, karena di kelola secara profesional. Terasa lunak dan akrab karena segala sesuatu bisa dikonsultasikan dan didiskusikan dengan Sawiran secara kekeluargaan.

Inspirasi dan motivasi pasangan ini untuk terus maju dengan ide-ide kreatif, dan selalu pantang menyerah untuk meraih yang terbaik memang perlu kita contoh dalam mengembangkan kehidupan bisnis dan keluarga secara seimbang.

Yudi & Merry
Jl. Terusan Danau Paniai H7 C1 Malang
Facebook : http://www.facebook.com/profile.php?id=100000232700090
Produk : XDry, Minyak Angin Aromatherapy, Perawatan Wajah Herbal Algae
E-mail : dionyafiq@gmail.com
Telp : 0341-7329295

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s