Tips memilih lembaga keuangan

1.      Waspadai apabila ada yang menawari anda bunga simpanan yang sangat tinggi. Jangan cepat tergiur dengan keuntungan sesaat. Lembaga keuangan yang benar memberikan keuntungan yang wajar dan masuk akal.

 

2.      Waspadai juga apabila ada yang menawarkan kepada anda paket investasi secara pribadi, dan orang yang menawarkan tersebutmendapatkan keuntungan berupa fee karena mendapat nasabah. Waspadai sistem piramida yang berlaku yang merupakan salah satu ciri money game.

 

3.      Terbuka sistem pengelolaannya. Tanyakan bagaimana dana anda dikelola oleh lembaga tersebut, apakah dikelola secarainternal, ataukah diinvestasikan ke dalam bentuk yang lain? Apabila diinvestasikan dalam bentuk usaha, dimanakah usahanya? Berapakah keuntungannya?

 

4.      Di lembaga keuangan yang sehat, anda tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin mengambil tabungan atau mencairkan simpanananda. Lembaga keuangan yang bermasalah dengan likuiditasnya akan mengulur waktu, memberikan janji, atau mencari alasan agar tidak segera mencairkansimpanan anda.

 

5.       Lembaga keuangan yang ideal adalah lembaga yang memberikan laporan keuangannya secara terbuka dan berkala. Apabila dalam credit union, laporan keuangan dan laporan pertanggung jawaban secara lengkap diberikan kepada anggota setiap tahun.  Anggota juga diundang untuk mengikuti RapatAnggota Tahunan.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s