Sawojajar dan Pelayanan Sawiran

Apa yang melintas di benak masyarakat kota Malang ketika ditanya tentang wilayah Sawojajar? Pasti yang pertama kali yang terlintas adalah kata : perumahan. Ya, perumahan Sawojajar terletak di Kelurahan Sawojajar di wilayah Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Sepuluh tahun yang lalu di wilayah sawojajar banyak terdapat hamparan-hamparan sawah yang luas yang biasa dijadikan daerah serapan air untuk mencegah banjir. Sayangnya hal ini perlahan mulai menghilang karena banyak dibangun perumahan.

Perumahan di Sawojajar memang memiliki dikenal masyarakat memiliki prinsip rumah yang layak bagi semua, yaitu rumah merupakan hak bagi setiap orang untuk memiliki rumah yang layak. Perumahan di Sawojajar ini menganut sistem pembangunan formal karena termasuk dalam Perumnas (Perumahan Nasional) yang pembangunan, perencanaan, maupun pengelolanya dikerjakan oleh pemerintah. Disini pemerintah telah membangun dan menyediakan rumah dalam bentuk sudah jadi dan menggunakan standar rumah yang ideal.
Saat ini sebagian masyarakat Sawojajar telah banyak merubah kondisi rumah mereka sendiri, dan juga membangun bangunan rumah sendiri, namun tetap mengikuti standar rumah yang sehat, yang terlihat dari segi bangunannya dan kebersihannya, serta memenuhi segi kesehatan. Begitu juga dengan segi kekuatan bangunan, yang memperhatikan segi kenyamanan, dan memenuhi segi keterjangkauan.

Perumahan Sawojajar juga memiliki fasilitas umum yang memadai, seperti sekolah: TK, SD, SLTP, SLTA, SMK. Fasilitas Kesehatan seperti Pukesmas dan Posyandu, dan kantor-kantor pemerintahan. Sayangnya, di wilayah Sawojajar penempatan-penempatan jalan atau nama jalannya sedikit tidak tertata. Nomor dan nama jalan tidak berurutan sehingga dapat membingungkan pengguna jalan. Apabila melewati perbatasan Sawojajar I dan II, jalan sudah banyak berlubang dan yang lebih parah hanya di tutupi dengan sisa material bangunan. Jika seperti itu terus maka kondisi jalan akan semakin parah. Hal ini sangat meresahkan warga sekitar.
Perekonomian juga berkembang pesat dengan banyaknya usaha yang tumbuh di wilayah ini. Berbagai kebutuhan warga dapat dipenuhi tanpa harus keluar dari kompleks perumahan

Hadir Sejak 2007
CU Sawiran sendiri hadir di Sawojajar sejak tahun 2007. Pelayanan yang semula hanya melingkupi daerah di sekitar Jalan Danau Toba, meluas sampai ke Sawojajar Dua, dan juga wilayah lain di luar Perumahan Sawojajar. Pelayanan setiap hari melingkupi wilayah perekonomian seperti Pasar Sawojajar, Pasar Madyopuro, Pasar Tawangmangu, Pasar Besar dan Pasar Bunul Begitu juga dengan pedagang di Sarinah dan Malang Plaza begitu familiar dengan Sawiran.

Pelayanan juga meluas di lingkungan rumah sakit seperti RS Panti Nirmala dan RKZ.
Sawiran terus mengembangkan layanan ke wilayah yang lebih luas sehingga hadir bagi seluruh lapisan masyarakat di wilayah Sawojajar dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s