Hak Anda, Pilihan Anda

Pertengahan tahun  ini sekali lagidunia lembaga keuangan tercoreng oleh berita investasi bodong berkedok koperasi. Lembaga yang berkedok Koperasi Serba Usaha (KSU) tersebut dikabarkanberpusat di Sidoarjo dan mempunyai banyak cabang di seluruh Jawa, bahkan di Sumatera.

 

Milyaran uang anggotanya lenyap tak berbekas,ribuan orang pun mulai resah karena uang yang dikumpulkannya dengan susah payahkemudian diinvestasikan dengan harapan keuntungan yang tinggi, ternyata tidakakan kembali.

KSU  tersebut  dikabarkan memberikan iming-iming bungatinggi, yaitu 2,5% – 6% per bulan yang berarti 30%-72% per tahun kepadaanggotanya dalam Program Penyerta Dana dan Simpanan Berjangka. Dana yangdiperoleh dari anggota dikabarkan dinvestasikan kembali dalam usaha peternakansapi perah dan pabrik tahu. Bahkan diinformasikan bahwa limbah berupa ampastahu, digunakan sebagai makanan sapi, sehingga keuntungan akan semakin tinggi.Tapi ternyata para anggota tidak tahu menahu dimanakah peternakan dan pabrikitu berada . Anggota juga tidak pernah menerima laporan keuangan perjalananbisnis koperasi maupun laporan investasi mereka, apalagi diundang untukmengikuti Rapat Anggota Tahunan.

 

Tetapi apakah benar peternakan sapi perah dan pabrik susu yangdipergunakan sebagai tempat “mengolah” dana anggota mempunya keuntungamenghasilkan keuntungan sangat tinggi sehingga mampu membayar jasa simpanankepada seluruh anggota ?

Ternyata tidak ada yang tahu. Anggota hanya “disogok”dengan menerima jasa simpanan (bunga) setiap bulan yang bahkan diantarkan olefstaff koperasi ke rumah-rumah. Tidak ada pertanyaan  dari anggota selama mereka menerima bunga,baru setelah pembayaran tersebut mulai tersendat-sendat dan kemudian macet samasekali, anggota mulai bertanya-tanya dan mulai mengambil tindakan, namun sudahterlambat.

 

Disinilah kami kembali menghimbau anda, masyarakat Indonesia untuk lebihselektif memilih lembaga keuangan, jangan mudah tergiur oleh janji keuntunganbesar semata.  Bunga simpanan yang besardan tidak masuk akal justru meragukan, ketidak jelasan perputaran dana justrulebih meragukan lagi.

 

Di credit union,  simpanan saham anda dipergunakan untuk membantu anggota lain yang membutuhkan dalam bentukpinjaman. Keuntungan yang diperoleh dikembalikan sepenuhnya kepada anda dalambentuk Surplus Hasil Usaha dan fasilitas lain seperti dana-dana sosial,  dan asuransi simpanan dan pinjaman

 

Sebagai anggota, anda punya hak untuk menanyakan kemana dana anda bergulir.  Anda juga bisa memantau jalannya lembaga milik anda  ini dalam laporan keuangan yang anda terima secara berkala. Anda juga dapat mengikuti  Rapat Anggota yang diadakan setiap tahun.Yang pasti dengan menempatkan dana anda di credit union, anda akan membantubanyak orang yang membutuhkan, namun juga memperoleh keuntungan.

Maka terima kasih dengan tulus kami ucapkan kepada anda, anggotaSawiran.  Karena kepercayaan anda kamidapat melayani lebih banyak orang, membantu ribuan orang lain, dan membuka matapuluhan ribu orang bahwa ada cara terbaik meraih kesejahteraan dengan bahumembahu membantu orang lain meraih impiannya. Not for profit, not for charity,but for service. Salam Credit Union.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s