Dedikasi dan Pelayanan

Pelayanan CU Sawiran di Gedog-Turen



 

Siang itu matahari bersinar dengan teriknya, panas menyengat begitu terasa bagi kami yang sedang melangkah di deretan rumah-rumah di  daerah Turen, Kabupaten Malang. Pelayanan seminggu sekali ini tampaknya memang sangat ditunggu oleh penduduk sekitar. Begitu kami mengucapkan salam di depan pintu, setumpuk buku tabungan sudah disiapkan beserta isinya, ditambahkan senyum dan keramahan si pemilik rumah, sungguh panas matahari tadi berubah menjadi kesejukan di hati.

 

Berjarak 26 km dari TP Kepanjen,  daerah Turen memang tidak bisa dilayani setiap hari, jarak yang cukup jauh dan keterbatasan jumlah staff menjadi kendala. Namun kami ingin tetap melayani, menerima anggota yang menabung, mengangsur pinjaman, dan berkonsultasi tentang kebutuhan keuangan mereka. Pembicaraan seputar perkembangan usaha dan kehidupan sehari-hari pun mengalir bagai air. Di beberapa tempat ibu-ibu sambil menggendong anak, berkumpul untuk menunggu kedatangan kami.

 

Orang bijak mengatakan : dedikasi adalah kunci menuju kesuksesan.  Dedikasi melibatkan kesabaran, keuletan, dan kerja keras. Sejarah mencatat, orang-orang yang berdedikasi pada suatu hal merupakan orang-orang yang berhasil menorehkan tinta emas dalam sejarah.  Warga Turen memang tidak tercatat dalam sejarah, namun dedikasi dalam keseharian yang dilakukan sangat nyata terlihat. Pemilik usaha yang ada,  merangkul tetangga, saudara, dan warga sekitar untuk ikut serta menjalankan usahanya.  Lihatlah usaha yang ada, pengrajin tahu, peternak sapi, pengrajin sangkar burung, pengrajin mebel, pandai besi, petani tebu dan banyak lagi yang belum disebutkan. Masing-masing dengan keuletan dan kerja kerasnya membangun ekonomi lokal.  Tidak ada keinginan bersaing secara tidak sehat atau meraih peluang yang ada sendirian. Semuanya dilakukan secara bersama sama demi kesejahteraan bersama pula.

 

Bertahun-tahun sedikit demi sedikit hasil yang diperoleh dikumpulkan untuk membangun masa depan. Membeli peralatan untuk usaha, membeli tanah, membangun rumah, membeli kendaraan, serta mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak mereka.

 

Kepercayaan dan kedekatan yang tumbuh dari pelayanan bertahun-tahun memang tidak diperoleh dengan mudah.  Seperti masyarakat Kepanjen, kami harus menjunjung tinggi dedikasi dalam pelayanan. Kesabaran menempuh jarak yang jauh, cuaca yang tidak bersahabat, keluletan melayani ratusan orang dengan ratusan latar belakang, konsisten melayani dari waktu kewaktu dengan memberikan yang terbaik. Dan yang penting : menumbuhkan kedekatan dan kepercayaan.

 

Tidak mudah, namun menghasilkan sesuatu yang indah. Senyum dan tawa anggota yang menyambut kami menjadi pelepas dahaga di siang yang terik itu. Masih banyak yang menanti kami untuk menjalin mimpi masa depan keluarga mereka bersama Sawiran, jadi kami harus melangkah lagi.

 

Salam Credit Union

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s