Berbagai Manfaat Credit Union

Beberapa saat yang lalu kami menanyakan kepada anggota, kenapa memilih CU Sawiran. Seorang anggota CU, mengaku tertarik bergabung dengan Sawiran karena mengetahui manfaat yang akan diperolehnya.
“Saya mendengar banyak keuntungan yang akan diperoleh dengan menabung di Sawiran. “Saya khawatir gaji saya akan habis begitu saja jika tidak ditabung. Di Sawiran, saya mempunyai kewajiban menabung setiap bulan, dalam simpanan wajib.” menurutnya banyak keuntungan yang diperolehnya , tidak hanya simpanan sahamnya bertambah, namun keuntungan anggota yang lain juga dapat dinikmati, salah satunya adalah pinjaman. Anggota tidak begitu saja dapat meminjam dana di Sawiran, karena punya kewajiban menabung dahulu setelah mendaftar.
”Saya menjadi terbiasa menabung, dan memperoleh manfaat dari berbagai bentuk balas jasa yang diberikan CU,” kata anggota tersebut yang sudah menjadi anggota sejak tahun 2007.
Baginya, menabung di lembaga keuangan lain, sama sekali tidak memberikan keuntungan karena yang diberikan hanyalah keuntungan kecil untuk setiap nasabah. Hal ini berbeda dengan yang diterapkan oleh credit union.

Berbagai Manfaat Credit Union
Keberadaan CU, memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat. Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya, apakah CU sama dengan koperasi simpan pinjam atau lembaga keuangan lain?
Credit Union, tentu saja beda dengan koperasi simpan pinjam atau lembaga perbankan umumnya. Manfaat credit union bagi anggota adalah mengubah pola pikir. Dari yang terbiasa instan – mendaftar langsung dapat pinjaman dan langsung menggunakannya – menjadi menciptakan modal (saham) terlebih dahulu dengan menabung secara rutin. Jika telah mengumpulkan modal melalui simpanan saham, baru dapat memanfaatkan atau meminjam dana. Hal inilah yang membuat credit union berbeda dengan lembaga keuangan lainnya,”
Selain itu, di CU Sawiran, seorang anggota dapat mengubah kebiasaannya dari tidak biasa menabung menjadi biasa menabung. Anggota CU Sawiran selalu mempunyai dana dalam bentuk simpanan saham yang terus meningkat, dan selalu bisa memanfaatkan simpanan saham tersebut untuk mengingkatkan kualitas ekonomi dan usaha mereka. Menabung di Sawiran berbeda dengan menabung di lembaga lain. Biasanya setelah menabung, uang tersebut ditarik untuk dipergunakan. Tetapi di CU Sawiran tetap ada dana yang tersimpan untuk keperluan dan langkah-langkah ke depan.

Kepercayaan anggota
Seiring dengan semakin tingginya tingkat kepercayaan masyarakat kepada CU Sawiran , jumlah TP (Tempat Pelayanan) pun terus bertambah dari tahun ke tahun. Dari satu TP di Dusun Sawiran Nongkojajar, saat ini kami dapat melayani anggota di sebelas TP. Jumlah anggota yang terus bertambah tiap tahunnya, tidak terlepas dari upaya pengurus, pengawas dan manajemen dalam menerapkan prinsip manajemen yang terbuka, di mana setiap perkembangan selalu ditampilkan per bulan.

Adanya unsur kepercayaan dan kebersamaan yang diutamaka, maka di CU Sawiran setiap anggota dapat mengetahui setiap perkembangan yang terjadi di CU. Melalui bulletin ini anggota mendapatkan informasi dari bulan ke bulan tentang kemajuan CU Sawiran. Setahun sekali Rapat Anggota Tahunan (RAT) digelar secara terbuka. Para anggota dapat mengetahui apa saja yang terjadi dan berkembang di Sawiran.
Kepercayaan adalah hal yang utama bagi pelayanan CU Sawiran ke masyarakat luas. Menjadi anggota ataupun tidak adalah pilihan anda. Kami akan tetap memberikan yang terbaik. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s