Apa yang harus dipertimbangkan saat mengambil Pinjaman Pemilikan Rumah ?

Jangka Waktu
Saat ini, jangka waktu maksimal yang ditawarkan adalah 15 tahun. Makin panjang, makin besar total bunga yang harus dibayarkan. Pertimbangan jangka waktu juga disarankan mengingat investasi properti (rumah& tanah) nilainya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Besarnya Pinjaman & Angsuran
Besarnya pinjaman akan mempengaruhi jumlah angsuran per bulan. Sangat disarankan bahwa besar angsuran maksimal adalah 30% dari penghasilan Sehingga Anda masih memiliki sisa penghasilan yang bisa digunakan untuk keperluan dan investasi lain. Hal ini penting agar keuangan keluarga tidak habis hanya untuk angsuran. Ingatlah, Anda masih harus mengeluarkan biaya ekstra untuk renovasi, perabotan, dll. Hati-hati jika angsuran pinjaman anda melebihi 30% penghasilan, karena akan menyulitkan anda di masa depan. Di CU anda dapat memilih sendiri jenis angsuran yang sesuai, menurun maupun tetap.

Fasilitator Kredit Saat ini developer menjalin rekanan dengan bank untuk aktif menawarkan KPR. Hal ini praktis bagi calon pembeli, karena tidak perlu repot mengurus sendiri kreditnya. Kelemahannya: Kredit ini hanya bisa digunakan untuk membeli rumah baru yang ditawarkan, dan harus menggunakan KPR dari bank yang ditunjuk, sehingga tidak dapat memilih lembaga lain yang mungkin menawarkan bunga lebih rendah atau lebih familiar dengan Anda. Sedangkan kelebihan mengajukan pinjaman melalui credit union adalah ke fleksibelan memilih untuk membeli rumah baru maupun lama. Apabila pinjaman disetujui, dan anggota sudah menandatangani perjanjian pinjaman, maka pembayaran rumah yang dibeli akan dilakukan CU kepada penjual rumah di hadapan anggota, sehingga rumah bisa segera anda tempati bersama keluarga dengan status kepemilikan yang jelas. Bandingkan dengan membeli rumah dari developer. Surat kepemilikan rumah baru sah atas nama anda setelah pembayaran lunas seluruhnya
.
Biaya-Biaya Meskipun pengajuan pinjaman anda di setujui, masih diperlukan uang tunai dalam jumlah lumayan untuk: biaya administrasi bank (booking fee, biaya penilaian jaminan, administrasi kredit dan provisi kredit). Biaya Asuransi, Biaya pengikatan kredit secara hukum, yang besarnya ditentukan developer (Biaya Akta Pengakuan Utang dan Perjanjian Kredit, Akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT), Akta jual-beli, Biaya bea balik nama sertifikat, BPHTB, jasa notaris)
Bagaimana dengan CU? Biaya yang dibebankan kepada anggota hanya biaya notaris dan biaya pengurusan surat kepemilikan rumah yang jauh lebih murah dari biaya developer. Biaya administrasi pinjaman hanya 1% untuk jasa pelayanan, 0,5% untuk tanggung renteng, 0,5% untuk simpanan kapital

One thought on “Apa yang harus dipertimbangkan saat mengambil Pinjaman Pemilikan Rumah ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s