Kecil- Kecil Cabe Rawit

Kunci Mengelola Usaha Kecil

Apabila bisnis yang telah besar, atau telah menjadi sebuah korporasi, administrasi dan keuangan telah tertata dengan baik. Bahkan telah mempunyai staf yang benar-benar profesional di bidangnya. Sedangkan usaha kecil masih dikelola secara sederhana, bahkan terkadang karyawan berasal dari keluarga sendiri, yang juga sering tak dibayar.

Sebetulnya kunci keberhasilan dalam mengelola usaha adalah :

a. Komitmen Pemilik dan Karyawan

Komitmen  pemilik dan pengelola usaha dengan karyawan sangat penting. Komitmen pemilik akan mendorong perbaikan dalam budaya kerja yang lebih solid, dan disiplin untuk menghasilkan kinerja lebih baik. Sedangkan komitmen karyawan, sangat penting karena menumbuhkan rasa memiliki. Pelatihan internal terhadap para karyawan juga diperlukan, agar bisa mempunyai kemampuan menjual dan berhubungan dengan pelanggan

b. Sistem dan Prosedur

Betapapun sangat sederhananya, tetap diperlukan adanya suatu sistem dan prosedur, yang tertulis  agar setiap orang yang bekerja dalam dalam usaha tersebut mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan, dan mengapa harus dilakukan, serta apa risikonya jika prosedur tidak ditaati.

Pada usaha kecil , yang pada umumnya berada dilingkungan masyarakat yang masih memiliki sistem sosial yang dekat dan menjunjung tinggi nilai-nilai, maka etika bisnis, kesetiakawanan, serta komitmen terhadap janji masih dijunjung tinggi.

c. Pendidikan berkelanjutan

Pengelolaan bisnis yang berhasil sangat tergantung dari manajemen dan karyawan yang mengelolanya.  Usaha kecil akan dapat berkembang, jika pemilik  tidak mengabaikan pelatihan internal bagi para karyawannya, sehingga pada saat usaha semakin membesar, maka dukungan kemampuan dari karyawan telah siap. Banyak kegagalan terjadi, karena pelaku usaha tidak siap pada saat bisnis semakin besar.


d. Penghargaan kepada karyawan

Karena sebagian karyawan pada umumnya berasal dari tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan tak terlalu tinggi, atau masih ada hubungan saudara, terkadang pelaku usaha melupakan penghargaan kepada karyawan ini. Pelanggan dari usaha kecil pada umumnya tak menuntut pelayanan berlebihan, namun mereka berharap mendapatkan rasa nyaman saat datang sebagai pelanggan, dan merasakan datang ke tempat seorang teman atau sahabat.

Dan pelanggan ini akan senang jika yang melayani telah dikenal lama dan baik, sehingga diperlukan tenaga kerja yang bertahan dalam jangka lama, dan agar dapat bertahan lama, maka karyawan tadi mempunyai kepuasan dalam bekerja.

Pada umumnya karyawan yang mempunyai kepuasan bekerja adalah yang mampu menjalin hubungan dengan klien secara baik.

e. Administrasi yang tertata rapi

Setelah usaha makin berhasil dan nantinya makin besar, pelaku usaha perlu mempersiapkan diri sejak jauh hari, pelatihan kepada karyawan dan menata administrasi usahanya secara rapih, sehingga memudahkan pelaku usaha mengevaluasi sampai seberapa jauh perusahaan telah berjalan, serta bidang apakah yang bisa ditingkatkan karena memenuhi selera pelanggan. Tanpa administrasi yang rapih, pelaku usaha akan kesulitan mendeteksi jika terjadi hal-hal yang tidak tercatat, yang nantinya dapat menjadi ganjalan untuk meningkatkan usaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s