Kunjungan ke Pantai Prigi Credit Union





Hari Rabu, 26 November 2008 lalu, saya bersama 8 orang tamu dari Aceh dan Makassar mengunjungi Pantai Prigi Credit Union sebagai bagian dari program training mereka.

Berangkat dari Malang pukul 06.00 sampai di Pantai Prigi sekitar jam 11 siang. Jalannya cukup berkelok-kelok, dan naik turun.. cukup curam..

dalam perjalanan sempat mampir ke TP Wlingi untuk ngopi , lalu mampir ke Pabriknya es Drop.. wah pabriknya gede banget (ini toh tempat pembuatan es drop yang terkenal itu…), abis itu maem pecel blitar di mbah-mbah yang jualan tepat di depan pagar pabrik es drop. Ternyata si mbah ini cukup terkenal juga, banyak teman2 yang menyebut soal enaknya pecel si mbah.
Si Drop disini harganya Rp. 1.200/buah. di Malang, biasanya dijual keliling seharga Rp. 1.700/buah
kalau beli 40 buah, baru dapet tas (box) yang bisa membuat esnya tahan sampai dengan 7 jam. Tapi kan kebanyakan, akhirnya kami beli 20 buah saja, itupun sudah leleh kemana mana..

di Prigi, panas banget, tapi asik, karena makan siangnya sama nasi tiwul, dengan lauk ikan laut yang dimasak pake santan dan cabe hijau.. waw.. nikmat banget.

Pantai Prigi Credit Union memiliki produk-produk yang cukup inovatif, seperti :
Tabungan persiapan Idul Fitri, dan Tabungan Persiapan Haji.
Yang menarik, Pantai Prigi juga menerapkan Tabungan Sibuhar MICRO dengan menggunakan kotak tabungan. Para penabung boleh menabung berapapun uang yang dianggap “uang sisa belanja” yang akan diambil oleh petugas setiap satu minggu sekali.
Sehingga para penabung dengan mudah menabung, dan tidak menyangka kalau jumlah yang dikumpulkan cukup banyak setelah ditabung beberapa waktu.

Kami juga menemui beberapa anak-anak SD (ada salah satu yang tidak memakai sepatu karena sekolahnya kebanjiran) langsung menabung disana.

Yang menarik, Mas Nurcholis (GM PPCU) menceritakan cikal bakal pembukaan PPCU yang hanya punya modal 3.740.000, yang sebagian besar digunakan untuk menyewa dan renovasi kantor, sehingga modal yang tersisa hanya Rp. 300.000 rb saja, sementara waktu itu ada pengajuan pinjaman sebesar 160 juta. Bahkan waktu itu meja dan kursi hanya satu, itupun meminjam dari si pemilik rumah.

Wah suatu pengalaman yang benar-benar menarik

One thought on “Kunjungan ke Pantai Prigi Credit Union

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s