Rubrik Tips Metro Sawiran Juni 2008

Tanggal 1 Juni lalu, kita dibuat terperangah dengan berita di televisi. Hujan uang di Serang Banten! Sebuah pesawat ringan menghujani Serang, Banten dengan uang pecahan 1.000 – 10.000 sejumlah 100 juta rupiah.

Hal ini dilakukan oleh Motivator, Tung Desem Waringin untuk mempromosikan buku terbarunya “Marketing Revolution”, dan di tayangan yang sama dia menyatakan “Perang Anti Marketing” ang pada dasarnya dia menganggap bahwa promosi yang biasa dilakukan orang seperti, spanduk, baliho, dan iklan, adalah “membuang uang belaka” dan tidak efektif.

Terlepas dari kontroversi cara promosi yang dilakukan Tung ditengah kondisi ekonomi, dan usaha yang terhimpit oleh kenaikan harga BBM, yang diikuti oleh kenaikan harga-harga lainnya, membuat kita berpikir, bagaimana kita akan mempromosikan usaha kita? Dengan cara yang biasa dilakukan orang, seperti spanduk dan iklan? ikut-ikutan perang anti marketing? Atau bagaimana? Apalagi kita yang mempunyai usaha dengan skala belum begitu besar dan dana promosi yang terbatas, pilihan-pilihan berikut ini pun bisa menjadi pilihan yang efektif :

Cetak Flyers. Anda mungkin tidak nyaman membagikannya di wiper mobil-mobil, tapi anda bisa memasangnya pada papan pengumuman di supermarket, kantor pos, pusat keramaian, dan gedung-gedung publik lainnya. Dapatkan ijin dan tempelkan flyer anda di setiap papan yang anda bisa temukan.

Desain kartu nama anda dengan bagus yang juga bisa berfungsi ganda sebagai iklan. Berikan kartu-kartu tersebut kepada setiap orang yang anda kenal, bahkan orang-orang yang tidak membutuhkan jasa pelayanan anda, dan minta mereka untuk menyebarkan kartu-kartu tersebut kepada teman-teman mereka. Sekarang ada tempat yang bias mencetak kartu nama dengan biaya cukup murah

Berikan secara cuma-cuma kupon-kupon gratis atau potongan harga pada saat event komunitas, acara sekolah, dan acara-acara bisnis.

Cari mailing list / grup lokal di internet dimana anda bisa mengiklankan bisnis anda. Dan bergabunglah dengan komunitas bisnis (mailing list) yang banyak terdapat di google atau yahoo

Menjadi sponsor untuk anak muda, seperti mahasiswa, mereka sering mengadakan acara-acara kampus dan event-event lain. Anda sponsor uang tunai, kupon diskon, atau produk-produk anda, nama bisnis anda pastinya akan tampil pada spanduk, seragam panitia, tiket , maupun show teater, atau pada newsletter dan website mereka.

Ajak teman-teman dan saudara anda dan keluarga untuk di untuk menggunakan jasa/produk anda, dan mintalah mereka untuk menceritakan kepada orang lain. Ingat, Word of mouth adalah cara paling efektif untuk bercerita.

Tawarkan contoh produk atau pelayanan jasa anda untuk seseorang yang berpengaruh di lingkungan anda (rumah, kantor, dll) dan tanyakan orang tersebut untuk berbagi cerita jika mereka puas dengan yang anda tawarkan.

Biaya untuk cara-cara beriklan murah di atas, lakukan secara berbeda dari lokasi ke lokasi. Semakin anda mengenal lingkungan anda, anda bisa memutuskan hasil yang mana yang sesuai dengan pengeluaran iklan anda.

Ikutilah hal-hal yang postisif dari orang lain yang mempunyai usaha lebih maju tapi juga jangan lupa mencoba promosi-promosi yang tidak biasa.

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s