Langkah-Langkah Kecil dari Karyawan Menuju Entrepreneur -1-

Dari Milis TDA Ngalam, saya menulis

Saya Lulus SMA Tahun 1992. Bulan Juli kalo gak salah. Dua Minggu
kemudian, awal Agustus (Tanggal 2, seingat saya) saya diterima bekerja
di sebuah perusahaan plastik di Lawang.

Beberapa tahun berkecimpung di pekerjaan yang sama, kejenuhan mulai
datang. Ketika masih bimbang mau memulai usaha apa, saya membaca di
suatu majalah tentang distributor MLM yang sukses. Merasa tertarik,
saya mencoba mencari informasi. Setelah mencari2 ternyata waktu itu
MLM yang punya kantor di Malang, adalah CNI. Saya menelepon mereka dan
bertanya caranya bergabung.

Mereka menjelaskan, tidak bisa ikut kalo tidak punya upline. Wah, saya
kan tidak punya upline, bisa dicarikan? Wah mereka kaget juga,
biasanya orang kudu diajak2 untuk ikut, eh ini ikut sendiri…

Nah, atas keinginan sendiri saya bergabung dengan beberapa MLM,
mulanya CNI, dari profil perusahaan mereka saya tertarik, dan
bergabung dengan keinginan sendiri tanpa sponsor.. Sekitar 6 bulan
mengikuti berbagai kegiatan CNI, saya merasa kurang sreg. Ada beberapa
upline yang melanggar rules CNI, tapi tetap aja mendapatkan
penghargaan, atau upline yang sibuk dengan membangun jaringannya
ditempat lain dan kurang memperhatikan jaringan saya, alasannya saya
dianggap sudah bisa berdiri sendiri…

Dari kegamangan ini saya berpindah2 MLM, dari Amway, Herbalife, High
Desert… saya tidak menemukan apa-apa, kecuali setumpuk pertanyaan di
kepala saya, dan ketidak puasan mengikuti rules orang lain…

Saya harus punya sesuatu dengan cara saya!

Saat itu saya pengeeeen banget punya komputer. Waktu THR-an, saya beli
komputer bekas, Pentium 100, milik seorang mahasiswa, waktu itu
harganya 1.250.000, ga bisa dipake apa-apa kecuali belajar ngetik.. :p
kemudian dijual dan berganti menjadi Pentium II-400, belinya waktu itu
kalo ga salah 2.500.000 bisa dipake internet :p

waktu itu awal2 ada internet di Malang, saya sudah menggunakannya
untuk chatting. Hasilnya? saya punya beberapa sahabat karib sampe saat
ini dari chatting…

tapi ga lama rusak pc na*&&%*%*(%!@# ternyata hardware jerohan-nya
banyak yang second..

Ini membuat saya berprinsip : harus memberikan yang terbaik kepada
customer! jangan demi keuntungan sesaat tapi gak berjalan lama…
hubungan baik dengan orang lain jadi ilang…
Begitu bonus akhir tahun keluar, saya membeli sebuah printer Canon BJC
2100.. eh baru dipake rusak! Tukar tambah dengan epson C-41… daaann…
saya menerima jasa pengetikan dan ngeprint di rumah.Hal ini kemudian
berkembang jadi macem2, ada yang minta di printkan foto, jadi saya
beli Printer Foto (Epson Stylus R-210), scanner.. dan bertambah dengan
jasa editing foto… padahal saya “buta” sama sekali di editing dan
merasa tidak punya jiwa seni blasss…

Saya tertantang, dan bermodal nekat! Begitu terima order, barulah saya
belajar mengedit dan mendesain, pake Adobe Photoshop, sebagus
mungkin….

Haha, diprotes sana sini oleh customer hal yang biasa.. yang penting
coba memahami mereka dan memberikan yang terbaik..
Kemudian dari rekomendasi seorang teman, datang kepada saya mahasiswa
Unmer (Univ Merdeka), mereka mau bikin seminar, saya diminta
membuatkan buku kenangan.. wah gimana nih? saya kan bukan percetakan…
kemudian saya berusaha sebaik mungkin dengan alat yang ada…

Dari buku kenangan bertambah menjadi bloknote, ID Card, dan
Sertifikat…

Dari Mahasiswa Unmer itulah bermunculan mahasiswa mahasiswa dari
Universitas lain yang datang.. sempat juga menerima jasa pengetikan
skripsi… phew…

Kewalahan sendiri saya mengajak keponakan saya Veny, untuk membantu.
Berkenalan dengan seorang teman di Gramedia, saya mengirimkan contoh
Kartu Lebaran dan Natal buatan saya kesana. Kemudian saya diminta
mengirimkan 400 bh kesana..

Meskipun membuat kartu ucapan untuk Gramedia adalah proyek merugi,
tapi ini menumbuhkan semangat saya…

– bersambung-

Salam,

Tinggalkan Balasan

