Kontributor di Buletin Metro Sawiran

Kemarin, staff CU Sawiran datang ke Kedai, abis baca tentang aku di majalah DUIT bulan ini, mereka menawarkan untuk menjadi kontributor rubrik tips di buletin Metro Sawiran. Setelah mikir2, jadilah artikel dibawah ini

BIJAKSANA TERHADAP DIRI SENDIRI

Beberapa bulan lalu, seorang teman saya mendapat musibah. Rumahnya kemasukan pencuri. Beberapa barang berharga seperti handphone, televisi, ikut hilang. Yang
lebih parah, hari itu dia baru saja mengambil uang di bank untuk membeli bahan bangunan bagi rumahnya yang sedang di renovasi.Dan uang itu ikutan raib.
Alhasil pagi itu tukang bangunan sudah datang, jadi terpaksa dipulangkan karena dananya tidak ada, dan rumahnya terpaksa dibiarkan dalam keadaan “setengah
jadi”

Ketika ia bercerita, saya berkata, ” Lho, kamu kan punya tabungan di CU, diambil aja. atau minjem dulu ama CU, kan kamu udah jadi anggota.” Pasti mereka mau

mengerti dengan kesulitan kamu kok..

Dengan menyesal teman saya tadi mengatakan bahwa sejak setoran pertama dia di CU setahun lalu, dia belum pernah menyetor lagi. Karena uang gajinya selalu
habis bahkan tidak cukup..

Dari kejadian pahit diatas, teman saya kemudian menyadari, betapa pentingnya mempunyai dana cadangan, dan betapa bergunanya seandainya waktu itu dia menuruti
saran saya untuk rajin menabung di CU, pasti sekarang sudah jadi anggota dan mempunyai hak-hak khusus anggota.

Alasan bahwa tidak ada waktu ke Bank (karena kantor kami cukup jauh dari kota), tidak berlaku, karena petugas CU lah yang mengambil setorannya ke kantor.
Alasan lain bahwa uangnya tidak cukup untuk ditabungkan? itu kan relatif. Buktinya rekan lain yang bergaji lebih sedikit tetap mampu menyisihkan sebagian
gajinya untuk ditabung..

Jadi bagaimana dong? Terapkan hal ini dalam kehidupan anda. Mulai sekarang… jangan ditunda ya..

1. Siapkan sebagian dana untuk ditabung setiap bulan.
– Kalau anda seorang karyawan yang bergaji setiap bulan. Ada baiknya anda menyiapkan dana khusus untuk ditabungkan. Berapa jumlahnya? Itu terserah anda.
sesuaikan dengan kemampuan, 10 % atau 30 % dari pendapatan anda.
Kalau kesulitan menentukan Ikutlah SIMASTER Bulanan CU Sawiran. Mau tidak mau anda akan
“terpaksa” menabung. Tapi kan jumlah tabungannya juga anda yang menentukan🙂

– Kalau saya bukan karyawan? Tetap saja, tabung sebagian pendapatan anda. Kesulitan menabung tiap bulan? Ada kok staff CU yang mengambil setoran anda setiap
hari🙂

– Tips sederhana ini bisa dicoba, kumpulkan uang receh anda, uang logam yang merupakan kembalian, masukkan ke dalam kaleng. Pokoknya ada uang logam, masukkan
ke sana, anda akan kaget dalam suatu waktu, ternyata sudah terkumpul cukup banyak! kalau sudah terasa hasilnya nanti ditambah, misalnya setiap punya uang kertas seribuan, ditabung, dan seterusnya…

2. Prioritaskan pengeluaran
– Setiap bulan, buatlah prioritas pengeluaran dari yang paling penting dan rutin.

Misalnya anda harus mengeluarkan dana tetap tiap bulan untuk

– bayar PLN, PDAM, Telepon, bayar SPP, angsuran pinjaman
– Belanja harian setiap hari
– Jalan-jalan, makan di restoran, nonton film, beli baju baru dll..

Yang pertama paling penting kan? karena harus dibayar tiap bulan dan ada batasnya lagi, kalo telat bisa kena denda..
Yang kedua, penting sekali, karena kebutuhan pokok tiap hari, tapi bisa direncanakan jumlahnya kan?
Yang ketiga mungkin bisa dilakukan sekali-sekali.. jangan terlalu sering..

Semuanya kembali kepada anda sendiri lho.. Silahkan diatur sesuai kemampuan..

3. Jangan tergoda dengan kredit konsumtif.
Untuk anda yang sering ke supermarket / hipermarket / mall, mungkin sering sekali ditawari kartu kredit, yang mempunyai fasilitas bisa membeli barang dengan
cicilan 6x, 12x bahkan 24x !
Belum juga brosur2 yang menawarkan membeli barang dengan sistim kredit. Memang menarik, hanya dengan sedikit dana tiap bulannya anda bisa memilik macam2 barang..


Tapi…Telitilah terlebih dahulu setiap kali anda menerima tawaran kredit dari manapun! Cek kondisi barang, harga dipasaran, dan bunganya.
yang harus anda ingat
kalo yang anda beli adalah barang elektronik, nilai barang tersebut sudah turun begitu anda sudah selesai mencicilnya. Lalu berapa bunganya? Berapa total yang harus anda bayar? bisa bisa hampir 2 x lipat..

Tapi kan, kalo gak mencicil bagaimana saya bisa punya barang2 di rumah saya? Menabung dong🙂 Balik lagi kan ke atas..

Tetap ingin mengambil kredit? Boleh aja kok, tapi gunakan secara produktif, misalnya anda mengambil kredit mesin cuci, dan menggunakannya untuk membuka usaha
laundry di rumah. Anda membayar cicilannya dengan hasil laundry🙂

Atau mengambil kredit komputer PC Loan yang disediakan CU Sawiran, dan menggunakannya untuk menerima jasa pengetikan dan terjemahan di rumah…
Selain punya komputer, punya penghasilan tambahan, dan cicilan berjalan lancar…

Jadi.. Bijaksanalah terhadap diri anda sendiri, apapun kerugian maupun manfaat yang anda terima, kembali kepada diri anda bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s