Alasan Saya Membuat Blog

Hari ini, 12 Januari 2008, ada Kopdar Komunitas Blogger Ngalam. Rame 20-an orang yang dateng. Agendanya banyak sih… tapi utamanya ngomongin soal pengembangan Web BloggerNgalam, dan Milis. Juga membahas rencana Blogging School untuk anak2 SMP

Dari beberapa pembicaraan hari ini, aku bisa menarik kesimpulan, bahwa how blog works from some people.
Bisa untuk jurnal pribadi (personal blog), tempat berkomunikasi dengan teman (blog di multiply, friendster, maupun komunitas yang dibuat sendiri), tempat untuk membagi pengalaman perjalanan (journey blog), fotografi (photoblog), bahkan sudah mulai dibuat sarana untuk berjualan, promosi, dan pastinya menghasilkan uang (look google adsense)

Saat ini sih aku memikirkan blog sebagai catatan (kembali pada awal dibuatnya weblog), yang pada awalnya berupa log seseorang surfing di internet dan dicatat, untuk memudahkan diakses kembali, weblog, yang kemudian disebut blog saja berkembang menjadi catatan ato jurnal harian. Dan beberapa orang ,membuatnya jadi semacem diary (open diary pastinya)

Kembali ke masa es em pe dulu, dimana penggunaan diary (dlm bentuk buku) adalah seperti “hukum wajib” tak tertulis diantara kelompok kami para cewek. Isinya ya ga lain ga bukan “curahan hati”  yang kebanyakan tentang cowok, naksir si ini dan si itu heheheh….

Dari buku tulis biasa, sampe diary tebel yang pake gembok, tetep aja isinya adalah “rahasia pribadi” kata-kata awalnya aja : Dear Diary….

Tapi ada lho yang bener2 dilindungi banget sebagai rahasia yang disimpen sendiri… tapi ada juga yang dibuat sebagai kenang2an… nanti kalo udah beberapa lama dibaca lagi…. (biar kayak di film2 haha… )

Tapi aku sendiri waktu itu benar2 nulis diary buat ngikutin trend waktu itu… aku punya beberapa buku yang bahkan aku beri label di sampulnya… dari tanggal …………… s/d tanggal ………………… kemudian aku susun nurut tanggalnya dan aku taruh gitu aja di meja belajar. Untuk apa aku menulis diary? Supaya orang tau aku juga nulis diary seperti orang2 lain!… phew….

aku inget, setelah kelompok2 cewek ku bubar, dan masing2 mulai sibuk dengan kehidupannya masing2, meneruskan menulis diary hilang dengan sendirinya. beberapa puisi dan cerpen yang aku buat, jauh diluar gayaku menulis diary… itu kali ya diarynya haha…

anyway… balik lagi soal BLOG! aduh ngelantur…

why blog is so popular??
aku pernah baca suatu artikel, mengapa blog cepet banget berkembangnya,
1. karena gampang buatnya. banyak situs2 yang nyediain blog gratisan seperti blogger.. cuman beberapa step aja. Orang ga perlu ngerti cara kerja website, ato kode HTML, bisa punya website pribadi berupa blog
2. di BLOG kita bisa jadi writer, photographer, editor, reporter sekaligus untuk tulis2an kita. Ga ada orang yang harus menilai tulisan kita sebelum diterbitkan. Begitu selesai, klik “PUBLISH” terbitlah tulisan kita. Mo ada yang baca ato gak, itu urusan belakangan hehe… sing penting wis nulis!! <<< kata temen2 yang blogmania dan narsis abiss…

3. di Blog kita sendiri kita bisa menulis apa aja, terutama menulis hal yang paling kita kuasai, tentang diri sendiri!! ya itulah jadinya semacem jurnal pribadi… tapi sekali lagi itu sah sah aja…

hari ini saya bertanya pada diri sendiri… Kenapa saya ikutan nge-BLOG??
wah saya harus jawab jujur nih… :p
… sik mikir…..

Pertama.. ada temen saya bilang : wis duwe friendster?
..durung..
lah melok’o friendster po’o..
..males..
lah..
…aku jarang online…
justru jarang online ikuh friendster sarana berkomunikasi!

jadilah saya punya account friendster. punya beberapa teman.. dan mereka punya BLOG!!
(saya pengen dong…)
jadilah saya mengumpukan informasi…
dulunya saya punya website pribadi, tapi dasar awam :p saya pengen punya sarana berkomunikasi di website saya, dibuat interaktif, kok susah ya…
di BLOG hal ini terwujud.. akhirnya saya -boyongan- memindahkan isi website (yang ga terlalu jadul :p) ke BLOG yang baru http://pipiw.info
blom tau cara mengembangkan BLOG, bikin saya males dan melupakan blog..

kemudian saya ikut beberapa milis, jadi mau gak mau musti blog walking, dan ada yang protes, gak ada yang baru neh… jadi mau gak mau update BLOG juga… hehe

itu alasan saya……

Tinggalkan Balasan

