(sharing) Hati Hati pake Kartu Kredit!!

 

Dari diri kita sendiri
1. Berhati hatilah memakai kartu kredit anda!
Kartu kredit memang membantu banget kalo kita lagi butuh suatu barang,
tapi duit di kantong menipis, atau kita butuh duit cash yang mendesak
banget dengan cara gampang (ambil cash pake CC biar bunga tinggi
banget). Tapi harus juga ingat lho, pake CC atau gak kita tetap bayar!

2. Sebisa mungkin jangan ambil uang cash dari CC anda!
Waktu pertama punya CC, hehe saya (dengan sombongnya) membuang PIN,
supaya gak ambil cash kalo kepepet. tapi saya udah hapal PIN nya, jadi
percuma aja ya :((

Karena : ada biayanya dan bunganya, banyak lho… coba cek di billing
statement berapa biaya dan bunga cash advance cc anda..

3. Batasi pemakaian.
Kalo limitnya 10 juta / bulan…. ya jangan dipake semua lah.. maksimal
40 % aja, atau sesuaikan dengan pendapatan / bulannya..

4. Jadilah Pemilik CC yang Smart
– Cek tanggal cetak billing statement anda. Misalnya tanggal 15 per
bulannya. Biasanya tanggal jatuh temponya 15-20 hari hari itu.
Jadi kalo kita sampe tanggal 15 September kemarin makenya 4 juta. Kita
harus bayar maksimal tanggal 15 Sept + 20 hari = 5 oktober itu sebanyak
4 juta.

Triknya :
a. jangan dicicil, bayarlah sekaligus, kalo bisaaa, sebelum jatuh tempo.
karena ga kena bunga.
jangan tergoda u bayar cicilan yang cuman dikit… pikir bunganya…
jadi siapin duitnya dulu (HARUS) abis itu ccnya dipake lagi :p yang
penting ga dicicil.

b. kalo udah deket tanggal cetak billing, dan pemakaian kita udah
lumayan banyak, STOP. misalnya tanggal 14 ato 15, jangan belanja pake
CC karena harus bayar 20 hari kemudian.
tunggu sampe tanggal setelah cetak, misalnya 16 ato 17, pake lagi hehe
:p. Kita bakalan untung (waktu, maksudnya…) selama 1 bulan + 20 hari.

contoh:
kita belanja tgl 14 sept, kita harus bayar tanggal 5 oktober tadi (lihat
diatas)
kalo kita belanja tanggal 17 sept, billing kita akan ikut yang tanggal
15 oktober, dan kita bakalan bayar belanjaan 17 sept itu tanggal 5
november… asik kan…

tujuannya supaya untuk bayar bulan oktober duit kita cukup, jadi ga
nyicil, gituuuuu…

5. Kenali Bank Anda, termasuk karyawannya dengan baik (menghindari
seperti pengalaman bu Nita)

– Bank yang baik, akan mengingatkan kita kalo kartu kredit kita dah
hampir over limit, supaya kita ga kena fee

– Bank yang baik akan mengecek apakah transaksi kita boongan ato gak.
Kalo ada transaksi yang jumlahnya di luar kewajaran dia akan menelepon
kita…

– Bank yang baik punya prosedur yang cepat dan mudah mengatasi masalah
kita.

Segitu aja sharing saya…mungkin yang lain bisa nambahin🙂

Salam

2 thoughts on “(sharing) Hati Hati pake Kartu Kredit!!

  1. suwarno berkata:

    trims untuk trik-nya.
    kalo trik dari saya, ya… enggak usah punya CC, biar enggak bayar iuran tahunan dan enggak punya tambahan masalah. hehehe…

    sistem pembayaran lain masih banyak, lebih murah dan lebih aman.

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s